widgets

Rabu, 11 Juli 2012

Bahaya Virus Facebook

Di Indonesia Facebook adalah Jejaring sosial yang paling banyak digemari setelah Twitter. Namun kita harus hati-hati karena banyak sekali jebakan-jebakan virus yang akan masuk ke komputer kita, jika kita tidak hati-hati dalam browsing di internet. banyak sekali resiko yang akan kita hadapi di dalam berinternet untuk itu kita harus memasang atau menginstal antivirus, maximal 2 antivirus yaitu antivirus lokal dan luar. misal antivirus Smadav dan AVG dll.

Didalam facebook ternyata ada sebuah virus worm yang menyebar melaui chat, komentar, dan status. Sempat bertanya dalam hati sebelumnya?? Apa isi hxxp://i3.ntinypic.com/h.php?3c1a2-Picture76.JPEG yang sekarang sering kita temui saat ngobrol chat dengan seseorang seorang teman di facebook. Link seperti itu telah banyak menyebar di facebook. Berhati-hatilah karena ini merupakan sebuah link jebakan yang berisi rootkit atau worm.

Tingkat bahaya Rootkit relatif, seperti malware lain (worm) namun diantara malware-malware yang ada, rootkit terbilang cukup berbahaya karena rootkit dapat mencuri data yang melewati pada jaringan (sniffing), merekam penekanan tombol keyboard dan mouse, mencuri Cookies akun bank untuk mendapatkan username dan password, mencuri data penting dari suatu perusahaan, dan sebagainya. Intinya prinsip dari Rootkit adalah menyusup tanpa diketahui dan/atau disadari oleh user, dan melakukan aksi-aksinya.

Isi dari chat tersebut biasanya menyuruh kita untuk membuka link dengan mengklik link yang ada di dalam chat tersebut. Sekilas memang terlihat seperti link yang berisi dokumen berupa gambar namun itu adalah tipuan/ hoax belaka. Virus didalam link tersebut merupakan virus sejenis virus worm atau rootkit, nama virus worm itu Click1. Parahnya lagi virus Click1 ini sudah memiliki puluhan varian meskipun masih baru. Banyak para pengguna facebook telah menjadi korban dari virus ini.

Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Seperti pepatah tadi sebaiknya para pengguna facebook lebih berhati-hati, lakukan pencegahan sebelum kita terinfeksi virus ini. Yang sederhana dan yang paling mudah adalah :

1. Jangan mengklik link tidak jelas yang ada dalam chat facebook.
Seperti link ini hxxp:i3.ntinypic.com/h.php?3c1a2-Picture76.JPEG >> jangan lakukan !!



2. Nyalakan dan update antivirus kamu!!
Karena memang tergolong masih baru maka akan sulit terdeteksi dan di basmi oleh antivirus. Gunakan antivirus semacam AVG yang mempunyai fitur scan link / AVG Link Scanner. Kalau saya pribadi masih menggunakan ESET Smart Security dari NOD, sudah bisa mendeteksi virus worm tersebut namun dalam tindakan atau aksi karantina.




 Nah itulah ulasan dari saya mengenai bahaya virus facebook yang baru-baru ini muncul, berhati-hatilah, dan nyalakan antivirus kamu !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar