widgets

Minggu, 02 Februari 2014

Menghapus Baris Kosong Tanpa Macro

Tadinya saya sedang membuat suatu aplikasi Penggajian (Payroll) dengan Accsess 2007 dengan mengambil data dari mesin finger (Absen dengan menggunakan jari tangan) setelah data diambil ternyata filenya berakhiran html tapi untungnya dapat dibuka dengan exel 2007, kemudian setelah saya amati ternyata data jam pulang terdapat di sel F5 dan jam masuk di F6 yaitu dibaris bawahnya, sedangkan pembacaan data di Access berdasarkan per baris, nah dengan adanya rusmus ini menghapus tampa menggunakan Macrom Alhamdulillah saya dapat menghapus baris yang banyak ribuan dengan mudah,  bayangkan jika baris yang akan saya hapus dengan cara manual pasti akan menghabiskan waktu yang lama.

Nah untuk itu jika ada teman-teman yang mempunyai kesulitan dengan menghapus baris di excel ada cara jitu, bagaimana kita dapat menghapus baris tanpa bantuan macro untuk menghapus baris kosong. Tentu, baris kosong atau cell kosong dalam lembar data excel dapat sangat mengganggu, apalagi kalau jumlahnya ribuan baris, atau dengan kasus lain jika kita mau mencetak akan memboroskan banyak tinta dan kertas.

Akan lebih hemat jika kita menghapus baris yang tidak digunakan, sehingga tidak terlalu banyak halaman kosong yang terbuang.
Bagaimana cara nya? Simak panduan berikut ini.

Step by Step Menghapus Baris Tanpa Macro

(1) Pertama, buka file excel yang memiliki baris kosong. Di sheet yang baru, buat beberapa baris data1, data2, data3, data4, data5 dan di antara data tersebut, selipkan beberapa baris kosong.
menghapus baris kosong
menghapus baris kosong

(2) Kedua, pilih di menu Home >> kemudian pilih Find & Select

0025.02 menghapus baris kosong

(3) Ketiga, ikuti menu yang ada di Find & Select, ada beberapa pilihan seperti Find, Replace, Go to, Formula dan  Go to Special. Pilih yang Go to Special.

0025.03 menghapus baris kosong

(4) Keempat, akan muncul window baru seperti yang tampil pada gambar berikut ini. kemudian pilih Blank

0025.04 menghapus baris kosong

(5) Kelima, Pilih Delete Sheet Rows

0025.05 menghapus baris kosong

Bagaimana? Mudah bukan? Dengan cara ini lebih praktis dan mudah dipraktekkan karena kita tidak menggunakan macro excel dalam mengolah data nya. Semoga panduan sederhana ini bermanfaat, Aamiiin.

Kalau anda tidak mengerti, suka atau terbantu dengan bahasan di atas, anda boleh tulis komentar pada kotak yang sudah disediakan, makasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar