widgets

Jumat, 27 September 2013

Mana yg lebih penting Pagerank atau Alexaran ?

Pagerank? Alexarank? weleh, menurut agan-agan sekalian mana yang lebih penting? hm, saya setuju dengan beberapa blogger yang menilai bahwa keduanya sama-sama kita butuhkan dalam meningkatkan sebuah popularitas blog yang kita kelola. Namun, untuk untuk mendapatkan tingkat posisi yang bagus dari keduanya sangat sulit serta memakan banyak waktu *lama =_=" nah, lalu apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi ini? well, kalau menurut saya adalah fokus saja pada salah satunya, pilih pagerank atau alexarank? tentukan pilihan kalian. Ok! pada kesempatan kali ini saya akan bahas mengenai mana yang lebih penting dari alexarank atau pagerank.


PageRank



Menurut wikipedia, PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Dari hasil diatas kita bisa simpulkan bahwa pagerank merupakan nilai penting tersendiri untuk mengukur penting atau tidaknya suatu blog. Pagerank ini dinilai oleh mr. Google, semakin besar nilai pagrank kita, maka semakin baik ranking kita di search engine google. Wehehe kalau punya saya sendiri sih masih rendah cuma dapet 0 terus dari dulu dan sekarang tapi tak apalah daripada tidak tidak punya blog sama sekali :).

Hal-hal yang mempengaruhi PageRank

Tentu saja backlink, karena pagerank dipengaruhi oleh banyak sedikitnya jumlah link yang menaut ke blog kita. Semakin banyak blog/web yang menautkan link ke blog kita, semakin besar pula nilai pageranknya dan begitu pun sebaliknya. Kenapa? tanya kenapa (?) hahaha XD bercanda, yah karena google menganggap blog kita telah di kenal dimana-mana, hingga link blog kita di pasang di blog-blog lain.

Mendapatkan Sebuah Backlink

Agar blog kita dapat sebuah backlink kita musti melakukan cara-cara sesuai prosedur. Sebenarnya ada banyak cara sih untuk mendapatkan backlink tersebut, contohnya saja dengan bertukar link (link exchange) disini juga ada kok, kalian juga bisa bertukar link dengan saya :), dengan berkomentar di blog lain taklupa menyertakan URL blog kita, dengan memasang iklan URL blog kita pada penyedia jasa backlink dan lain sebagainya.

Nah, lalu apa alasan orang-orang dalam mencari backlink? satu-satunya alasan mengapa orang mencari banyak backlink adalah untuk mendapatkan pagerank yg tinggi adalah untuk berbisnis online. Kalau saya sendiri masih belum ada niat untuk berbisnis jadi hanya butuh backlink tidak terlalu banyak mungkin hanya dari link exchange atau kalau sempet juga dari sosial bookmark dan lainnya.

AlexaRank



Nah kalau yang ini ini (alexarank) merupakan kebalikan dari pagerank, semakin rendah nilai alexa blog kita maka semakin baik ranking blognya. Nilai alexa ini di nilai oleh situs alexa.com. Ranking alexa sendiri menunjukkan banyak sedikitnya pengunjung/visitor yang mengunjungi blog kita. Semakin banyak para pengunjung di blog kita, maka semakin rendah nilai alexanya dan begitupun sebaliknya.

Mendapatkan Ranking Alexa

Cara agar dapat ranking alexa yang adalah dengan membuat content blog yang berdasarkan pengalaman,bukan berasal dari copy paste. saling me-review alexa antar blog, dengan memposting articles situs alexa dan lain sebagainya.

Nah, lalu apa keuntungan yang kita dapat jika point alexa blog kita sudah sangat rendah? yep! yaitu adalah untuk menarik perhatian para advertiser (pengiklan) agar mengiklankan product atau jasanya di blog kita. Contohnya saja kita ambil dari blognya kang rohman (kolom-tutorial.blogspot.com)


Nah, dari hasil analisis di atas kita simpulkan sendiri dan mana yg ingin kamu pilih? yang mana hayo? pagerank atau alexa rank? sesuaikan dengan niat hati dan kondisi blog kamu. Kalau misalkan ada banyak waktu bisa juga kamu gunakan kedua-duanya.

Ok, cukup sekian artikel dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua, jangan lupa untuk berkomentar ya, saya tunggu :) jangan spam lho.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar