widgets

Minggu, 29 September 2013

Menggunakan Fungsi VLOOKUP Pada Excel 2007

Apa itu VLOOKUP ?

VLOOKUP adalah fungsi untuk melakukan pencarian pasangan nilai dari suatu nilai kunci ke suatu table / data range sebagai referensi.

VLOOKUP adalah fungsi yang sangat populer digunakan sejak versi awal Excel, apabila Anda bekerja bisa dipastikan akan menemukan penggunaan rumus ini.  Oke, langsung saja kita coba lihat apa dan bagaimana fungsi ini digunakan.

Fungsi lookup value pada Excel ada dua, yaitu :
  • VLOOKUP (Vertical Lookup).
  • HLOOKUP (Horizontal Lookup). 
Sesuai namanya, VLOOKUP digunakan untuk mencari data pada baris demi baris (vertikal) pada tabel referensi. Sebaliknya, HLOOKUP digunakan untuk mencari data dengan referensi data kolom demi kolom (horisontal).

Untuk memperjelas cara kerja dari VLOOKUP, perhatikan gambar ilustrasi berikut ini.

Ilustrasi Proses VLOOKUP
Ilustrasi tersebut menggambarkan mekanisme pencarian VLOOKUP sebagai berikut :
  1. suatu cell data dengan nilai "kode 3"  (lookup value) akan digunakan sebagai kunci pencarian ke table referensi (table_array) .
  2. data pada kolom pertama pada table_array (kode 1, kode 2, kode 3, dan kode 4) berfungsi sebagai kunci referensi.
  3. dari proses ini, kita akan ketemu data yang dicari pada posisi di baris ke 3 table referensi.
  4. tetap pada baris ke 3 tersebut, kita akan mengambil nilai dari kolom yang kita inginkan (col_index_num). Misalkan kita mengambil kolom ke 2, maka kita akan mendapatkan nilai 4 sebagai datanya.
  5. selesai.

Syntax

VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, range_lookup)

Keterangan :
  • lookup_value  : nilai yang akan dicari ke table_array
  • table_array   : range nilai dimana terdapat nilai yang dicari
  • col_index_num : indeks kolom yang dicari
  • range_lookup  : berisi nilai 0 atau 1. Nilai 1 artinya jika tidak ada nilai yang cocok, maka akan dicari pendekatannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar