widgets

Selasa, 14 Januari 2014

Manfaat Google Docs Bagi Pelajar

google docsGoogle Docs, apa itu google docs ? Bagi para pelajar mungkin jarang sekali yang mengetahui google docs, karena para pelajar jarang memanfaatkannya atau menggunakannya. Google docs adalah salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Google untuk kebutuhan manajemen dokumen, khususnya aplikasi office. Mulai dari pengolah kata (word processor), pengolah lembar kerja (spreadsheet) dan presentasi (presentation). Google Docs bukan hanya menyimpan saja, namun juga bisa digunakan untuk untuk mengolah, menyimpan, membuat, meng-edit dokumen perkantoran seperti layaknya Microsoft Office pada Windows atau Open Office pada Linux secara online. Semuanya ada dalam satu paket dan tidak perlu menginstal software di komputer.

Google docs mempunyai banyak kelebihan bagi para pelajar bila mereka dapat memanfaatkannya dengan baik. Kelebihannya antara lain:
  1. Para pelajar dapat mengakses tugas dimana saja dan kapan saja, meskipun mungkin mereka lupa membawa laptop, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki komputer sekalipun karena mereka bisa mengerjakan tugas-tugasnya cukup dengan menggunakan telepon selular.
  2. Google docs dapat bekerja di beragam sistem operasi seperti  PC, Mac, dan Linux, serta mendukung format umum seperti .doc, .xls, .ppt, dan .pdf
  3. Google docs membuat mahasiswa dapat bekerja kelompok tanpa harus bertatap muka karena Google Docs memungkinkan beberapa orang berkolaborasi dalam satu dokumen yang sama secara real-time. Mereka bisa saling melihat perubahan dan melakukan diskusi
Mungkin para pelajar akan bertanya bagaimana tentang keamanan data yang disimpan pada google docs ? Tidak perlu khawatir. Karena semua data yang disimpan pada google docs sangat aman. Saat dokumen dibuat melalui Google Docs, dokumen tersebut bersifat pribadi. Isi dokumen tersebut tidak akan dapat diakses oleh pencarian mesin pencari. Tidak ada pihak ketiga yang dapat mengakses informasi dalam dokumen tersebut, kecuali si pemilik dokumen memberikan hak akses untuk melihat (atau memodifikasi) dokumen tersebut kepada seseorang. Jadi google docs ini mampu membuat pekerjaan para pelajar tidak bisa di copy paste oleh orang lain, tapi bila para pelajar memang ingin mempublikasikannya, para pelajar juga dapat mengatur setting-nya, dan itu pasti terindex juga di mesin pencari.

Kesimpulannya, google docs sangat cocok digunakan oleh para pelajar karena fitur-fitur yang ditawarkan sangat membantu dan memudahkan kita dalam mengerjakan tugas-tugas. Selain itu, google docs juga sangat praktis dan efisien karena tidak memerlukan hardware yang berat dan mahal. Bahkan untuk mengaplikasikannya melalui telepon selular pun tidak harus membeli gadget yang berharga mahal. Karena produk telepon selular lokal (China) yang beredar sekarang ini, sudah banyak yang menanamkan fitur-fitur canggih dengan harga yang cukup terjangkau bagi kebanyakan orang.
Sumber sumber rujukan yang di gunakan:

http://jurnalmagang.blogspot.com/2012/04/apa-itu-google-docs.html
http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2012/11/07/besarnya-manfaat-google-apps-for-education-bagi-pelajar-506388.html

1 komentar:

  1. makasih banyak buat infonya sangat bermanfaat dan menambah wawasan,, terus berkarya dan sukses !! :-)

    http://goo.gl/AhrGrj

    BalasHapus