widgets

Selasa, 14 Januari 2014

Sistem Operasi Komputer, Fungsi dan Berbagai Jenisnya

operating system

Sistem operasi atau Operating system  adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.

Biasanya, istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall.
Fungsi dari Sistem Operasi ada 5 yaitu Antar muka pengguna, Manajemen memori, Manajemen file, Manajemen proses, dan Manajemen sistem masukan dan keluaran. dan disini saya akan coba menjelaskan satu persatu

1. Antar Muka Pengguna
Fungsi dari Antar muka pengguna ini pengguna bisa berinteraksi dengan sistem operasi, perangkat keras atupun perangkat lunak jadi pada dasarnya sistem operasi hanya menuggu input atau instruksi dari pengguna dan kemudian menterjemahkan ke dalam bahasa komputer jadi antar muka pengguna itu menjadi tempat bagi pengguna untuk menuliskan atau menyampaikan perintah tersebut.

2. Manajemen Memori
Fungsi dari sistem operasi adalah bertanggung jawab atas aktivitas yang berkaitan dengan manajemen memori seperti Menjaga track dari memori yang sedang digunakan dan siapa yang menggunakannya, dan Memilih program yang akan di-load ke memori.

3. Manajemen File
fungsi dari sistem operasi dalam manajemen file itu ada banyak seperti Pembuatan dan penghapusan file, Pembuatan dan penghapusan direktori, Mendukung manipulasi berkas dan direktori, Memetakan berkas ke secondary-storage, Mem-back-up berkas ke media penyimpanan yang tidak permanen.

4. Manajemen Proses
Fungsi Dari Sistem Operasi dalam manajemen proses itu juga banyak seperti Membuat dan menghapus proses pengguna dan sistem proses, Menunda atau melanjutkan proses, Menyediakan mekanisme untuk sinkronisasi proses, Menyediakan mekanisme untuk komunikasi proses, Menyediakan mekanisme untuk penanganan deadlock.

5. Manajemen sistem masukan dan keluaran
dan ini adalah fungsi terakhir dari sistem operasi yang kita bahas, manajemen sistem masukan dan keluaran juga membutuhkan sistem operasi agar storage device seperti flash disk itu dapat membuka, membaca, menulis, menutup sesuai dengan settingannya. dan ini Komponen Sistem Operasi untuk sistem Masukan/Keluaran:
a. Penyangga: menampung sementara data dari/ke perangkat Masukan/Keluaran.
b. Spooling: melakukan penjadwalan pemakaian Masukan/Keluaran sistem supaya lebih efisien (antrian dsb.).
c. Menyediakan driver: untuk dapat melakukan operasi rinci untuk perangkat keras Masukan/Keluaran tertentu
setelaha membahas tentang fungsi sistem operasi kita juga harus tau  jenis-jenis dari sistem komputer itu Pada bagian berikut ini akan dibahas beberapa sistem operasi yang banyak digunakan dan familiar bagi pengguna komputer

1. DOS
DOS merupakan operating system yang berbasis teks baik pada sistemnya sendiri maupun pada penggunanya dan DOS juga dipakai pada media penyimpan disk, baik disket maupun harddisk

2. Windows
Microsoft Windows atau lebih dikenal Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dan windows ini sudah menggunakan sistem GUI (Graphical User Interface) sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan komputer. Kelebihan Windows dibandingkan dengan DOS adalah kemampuannya untuk melakukan beberapa program secara serempak dalam waktu yang bersamaan dalam bentuk jendela yang dapat dipindah dari satu program ke program lainnya (multitasking)

3. Unix
Unix adalah nama sistem operasi yang dapat diterapkan pada berbagai jenis mesin. Sistem operasi Unix ini diperkenalkan pertama kali oleh AT&T Bell Laboratory untuk pemakaian komputer dalam bentuk jaringan khusus dan Unix adalah sistem operasi berbasis jaringan yang dikeluarkan pada tahun 1960 dan itu merupakan sistem operasi tertua didunia. Keunggulan Unix dari yang lain adalah bila unix sebagai server, berpindah kerja dari satu jenis komputer ke komputer lainnya menjadi mudah karena Unix didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking, multi-user, sistem berkas hierarkis dan utilitas

4. Linux
Linux adalah nama yang diberikan sistem komputer bertipe unix. Linux merupakan salah satu pengembangan perangkat lunak bebas terbuka dan sumber utama terbuka. Linux merupakan sistem operasi untuk PC yang bekerja secara multitasking dan multiuser

5. Macintosh
Macintosh atau biasa disingkat Mac adalah salah satu jenis komputer yang dikembangkan oleh perusahaan ternama amerika Apple dan ini adalah komputer pertama didunia yang menggunakan GUI ( Graphical User Interface)
Mac OS adalah sebutan untuk sistem operasi komputer yang digunakan oleh Apple  dan itu tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM karena Mac OS hanya bisa digunakan oleh Apple Computer
Sumber Rujukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar