widgets

Sabtu, 23 November 2013

Jerman atau Inggris?


Seorang ilmuwan komputer mendesain serangkaian mesin menakjubkan yang memberi jawaban benar pada pertanyaan ya/tidak yang diajukan ke mesin tersebut. Mesin itu akan memancarkan sinar hijau atau merah, salah satu dari warna itu berarti ya, dan yang lain tidak. Mesin itu dibuat di Inggris dan Jerman, tetapi sayangnya tidak dibuat secara seragam. Mesin-mesin yang dibuat di salah satu negara, hijau berarti ya dan merah berarti tidak, tetapi di negara yang lain, hijau berarti tidak dan merah berarti ya. Hal itu semakin membingungkan karean tidak diketahui negara mana, Inggris atau Jerman, yang pada mesinnya, hijau berarti ya.

Pertanyaan 1 Seandainya kamu kebetulan mempunyai salah satu dari mesin tersebut dan ingin tahu apakah dibuat di Inggris atau Jerman. Kamu boleh mengajukan pertanyaan pada mesin hanya dengan jawaban ya/tidak. Pertanyaan manakah itu?


Pertanyaan 2 Andai kamu bukannya ingin tahu apakah mesin itu buatan Inggris atau Jerman, melainkan ingin tahu apakah mesin buatan Inggris atau mesin buatan Jerman yang memaksudkan hijau sebagai ya. Manakah pertanyaan tunggal yang memungkinkan mesin dapat memastikan jawaban ya/tidak?


Pertanyaan 3 Andai kamu hanya ingin tahu dari mesin itu, manakah dari kedua warna yang berarti ya dan warna apa yang berarti tidak. Pertanyaan ya/tidak manakah yang tepat diajukan?


Pertanyaan 4 Pertanyaan ya/tidak manakah yang dapat diajukan sedemikian rupa, tanpa mempedulikan mesin itu buatan Jerman atau Inggris, yang membuat mesin harus menjawab dengan memancarkan warna merah?


Pertanyaan 5 Pertanyaan ya/tidak manakah yang diajukan sedemikian rupa sehingga mesin buatan Inggris harus menjawab dengan memancarkan warna merah dan mesin buatan Jerman memancarkan warna hijau?


Pertanyaan 6 Ada pertanyaan ya/tidak yang dapat kamu ajukan kepada mesin, yang membuatnya tak mungkin menjawab dengan cahaya warna merah atau pun hijau! Pertanyaan manakah itu?


Pertanyaan 7 Ada pertanyaan ya/tidak yang dapat diajukan kepada mesin, yang pancaran warna hijaunya berarti ya, akan menjawab dengan pancaran warna merah atau hijau, tetapi mesin yang pancaran cahaya hijaunya berarti tidak, tak dapat menjawab sama sekali. Pertanyaan manakah itu?


Pertanyaan 8 Kelompok pertama dari mesin yang dibuat di dua negara ini sangat jarang dan merupakan benda berharga bagi para kolektor. Pertanyaan ya/tidak manakah yang dapat kamu ajukan pada mesin untuk menentukan apakah mesin itu berharga bagi para kolektor?


Pertanyaan 9 Andai kamu pergi ke toko untuk membeli salah satu dari mesin tersebut. “Tinggal tiga yang kupunyai,” kata si penjual, seraya meletakkan mesin-mesin tersebut di counter, “dan sayangnya salah satu dari tiga ini konstruksinya salah dan memancarkan warna merah dan hijau secara kacau, dan aku tak tahu mesin mana yang baik!” Yah, ada kemungkinan untuk mengetahui mesin mana yang baik dengan mengajukan sebuah pertanyaan ya/tidak. Pertanyaan manakah itu?


Bagikan juga teka-teki kamu!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar