- Klik di icon Header atau Footer
- Klik tanda panah ke bawah dan tentukan posisi Header
- Isikan catatan atas pada kolom Header dan catatan bawah pada kolom Footer
- Klik Close
- Klik di icon WrdArt
- Klik tanda panah kebawah dan pilih disain WordArt.
- Edit WordArt Text: Ketik teks pada kotak teks.
* Font : Memilih jenis huruf.
* Size : Memilih ukuran huruf.
* B (Bold) : Teks WordArt cetak tebal.
* I (Italic) : teks WordArt cetak miring
G. Menyisipkan Gambar Pada Microsoft Word 2007 * Size : Memilih ukuran huruf.
* B (Bold) : Teks WordArt cetak tebal.
* I (Italic) : teks WordArt cetak miring
- Klik icon ClipArt
- Pada pane tugas Insert ClipArt, klik Clip Organizer dan pilih gambar yang ada.
- Klik perintah Copy dan tutup jendela Microsoft Clip Organizer
- Klik perintah Paste
- Memasukkan gambar dari File
- Klik Icon Picture
- Pilih file gambar yang ada – Klik tombol Insert
=> Klik tab Insert Klik icon Table
=> Klik tanda panah kebawah dan tentukan jumlah baris dan kolom yang dibutuhkan.
Jika tidak ada bentuk kolom yang sesuai, klik Insert Table
o Table size : Ukuran table.
* Number of columns : Tentukan jumlah kolom.
* Number of rows : Tentukan jumlah baris
o AutoFit behavior : Pengepasan tabel otomatis.
o AutoFormat : Memilih bentuk format tabel.
=> OK
o Table size : Ukuran table.
* Number of columns : Tentukan jumlah kolom.
* Number of rows : Tentukan jumlah baris
o AutoFit behavior : Pengepasan tabel otomatis.
o AutoFormat : Memilih bentuk format tabel.
=> OK
- Draw Table : Menggambar kotak tabel.
- Insert : Menyisip tabel, kolom, baris atau sel.
- Delete : Menghapus tabel, kolom, baris atau sel.
- Select : Memilih tabel, kolom, baris atau sel.
- Merge Cells : Menggabungkan sel.
- Split Cells : Membagi sel.
- Split Table : Membagi tabel.
- Table AutoFormat : Memilih format tabel.
- Auto Fit : Mengepas kolom / baris otomatis.
- Heading Rows Repeat : Mengulangi judul tabel ke tabel halaman berikutnya.
- Convert : Mengubah jenis penulisan teks menjadi tabel atau sebaliknya.
- Sort : Mengurutkan data tabel.
- Formula : Operasi perhitungan data tabel.
- Hide Gridlines : Menyembunyikan garis bantu tabel.
- Table Properties : Memodifikasikan tabel, kolom, baris atau sel
- Letakkan kursor pada sel yang akan diisi rumus
- Klik tab Layout
- Klik di icon Formula
- Isikan kotak Formula dengan
- Klik OK
Keterangan :
o =Product(Left)→ Untuk mengalikan semua bilangan yang ada sebelah kiri
o =Product(Right)→ Untuk mengalikan semua bilangan yang ada sebelah kanan
o =Product(Above) → Untuk mengalikan semua bilangan yang ada diatasnya
o =Sum(Left)→ Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kiri
o =Sum(Right)→ Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kanan
o =Sum(Above)→ Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada atasnya
o =Product(Left)→ Untuk mengalikan semua bilangan yang ada sebelah kiri
o =Product(Right)→ Untuk mengalikan semua bilangan yang ada sebelah kanan
o =Product(Above) → Untuk mengalikan semua bilangan yang ada diatasnya
o =Sum(Left)→ Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kiri
o =Sum(Right)→ Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kanan
o =Sum(Above)→ Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada atasnya
CARA MENGGUNAKAN AUTOSHAPES
- Klik tab Insert Klik icon Shapes.
- Klik tanda panah kebawah.
- Pilih bentuk yang diinginkan.
- Letakkan penunjuk mouse diawal gambar.
- lalu drag (seret) sesuai dengan keinginan, lalu lepas drag-nya.
b. Memasukkan Teks pada AutoShapes
- Klik gambar AutoShape yang ingin diisi teks di dalamnya
- Klik icon Text Box
- Klik pointer pada gambar AutoShape yang ingin diisi tulisan di dalamnya
- Ketikkan Teks yang diinginkan dalam kotak tersebut
Atau
- Klik kanan gambar AutoShape yang ingin diisi teks di dalamnya
- Klik Add Text
RUMUS MICROSOFT WORD
- Klik tab Insert Klik icon Equation
- Klik tanda panah kebawah dan pilih jenis Equation yang anda inginkan
- Jika tidak ada yang cocok klik di Insert New Equation
- Ketik Equation yang anda inginkan
- Jika telah selesai klik sembarang tempat dalam lembaran kerja
B. Subscript (Pangkat bawah) dan Superscript (Pangkat Atas) Pada Microsoft Word 2007
- Blok huruf atau kalimat yang akan dijadikan subscript atau superscript
- Klik tab Insert dan klik icon Subscript atau Superscript
- Dapat juga dengan mtekan tombol kombinasi:
o Ctrl + = atau klik icon (untuk subscript / huruf agak kecil dan kebawah sedikit)
o Ctrl + Shift + = atau klik icon (untuk superscript / huruf agak kecil dan sedikit
ke atas)
o Ctrl + Shift + = atau klik icon (untuk superscript / huruf agak kecil dan sedikit
ke atas)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar